Jeletot

| dilihat 2633

LUNG sedang berbenah di kiosnya. Kali ini pasar agak sepi. Uda Beka pedagang kios sebelah yang berasal dari Sulit Air, duduk di depan kiosnya. Lung yang baru saja usai membenahi letak barang di atas lemari, berdiri di sebelahnya sambil bersandar.

“Kenaikan harga BBM yang baru diumumkan Jokowi semalam pertanda apa, Uda?” tanya Lung. Uda Beka menoleh dan tersenyum.

“Pertanda beban kita akan bertambah. Bagi mereka yang punya mobil dan motor, seberapa besarpun harga BBM dinaikkan, persoalan tak begitu rumit, karena perlu mereka pasti akan membelinya.”

“Lalu, kenapa harus pada ribut? “

“Itulah soalnya. Bagi rakyat yang tak mempunyai apapun, persoalan menjadi sangat berat. Kemarin-kemarin, belum lagi harga BBM naik karena subsidi dikurangi, semua harga keperluan pokok sudah naik. Koh Lung tahu sendiri, bagaimana Mbok Yem di kios basah merugi gara-gara menaikkan harga cabe sesuai harga pasar.”

“Uda Beka benar. Dalam keadaan bagaimanapun juga, rakyat tak bisa membebaskan diri dari keperluan pokoknya.”

“Di kampung ambo, berlaku pepatah: asalai jio-jio patuang, asalai angok-angok ikan, nan indah dicari juo. Seperti apapun sulit dan kacaunya keadaan, keperluan hidup harus dipenuhi.”

“Tapi, persoalan kan memang tidak berhenti pada keterpaksanaan menerima keadaan seperti itu.“

Percakapan keduanya terhenti, ketika Ling datang sambil bersungut. Dia membawa kabar kesal. Tak hanya karena harga barang-barang keperluan pokok naik. Pasokannya juga terbatas.

“Coba lu tanya Mbok Yem, tuh.. Separuh barang dagangan dia tiba-tiba gak ada. Distributor bilang, stock gak ada. Banyak spekulan yang pada nimbun barang. Ini gara-gara kebijakan jeletot Jokowi nikh..,“ ujar Ling.

Lung tersentum pahit. Uda Beka melontar pertanyaan spontan, “Cici Ling, apa itu kebijakan jeletot? “

Ling spontan menjawab. “Kebijakan jeletot itu, kebijakan yang dikeluarin pemerentah gak pake dipikir panjang dulu. Seperti kebijakan Jokowi naekin BBM sekarang ini.. Pedes kayak orang makan cili api, cabe rawit.. “

“Kalo gitu, pedesnya cuma sebentar donk..,” sambar Uda Beka.

“Biarin sebentar kalo bikin susah, pan kagak bagus juga. Nyesel owe milih dia kemaren..”

“Gak ada gunanya nyesel, Ci Ling.. Koh Lung aja mesem-mesem tuh..”

“Nyesel sih kagak, Uda.. Saya malah senang.. “

“Senang kenapa Lung..?”

“Dapet pelajaran bagus lagi. Ternyata susah mencari pemimpin yang bener dan bijaksana.”

“Lu sih kagak percaya. Pan owe uda bilang.. pemimpin idola rakyat itu bisa dibikin, dikemas, kayak kita bungkus kado. Pemimpin yang bener, susah nyarinya.. “

“Uda Beka, ngemeng-ngemeng, ade kagak pelajaran dari Minang soal pemimpin kudu..
“ tanya Ling. Uda Beka mengangguk.

“Pemimpin itu, harus punya ilmu, yang bisa alun bakilek alah bakalam, bulan lah langkok tigo puluah, alun takilek lah tapaham, raso lah tibo dalam tubuah.. “

“Maksudnya?”

Pemimpin itu kudu arif dan bijaksana, memahami apa yang terjadi. Lantas, mampu mencari dan menemukan solusi, memecahkan persoalan… | 

Editor : Web Administrator
 
Sporta
07 Jul 23, 08:50 WIB | Dilihat : 1157
Rumput Tetangga
Selanjutnya
Energi & Tambang