Menikmati Pesona Pantai Ambal

| dilihat 1782

DESA Ambalresmi di Kebumen, Jawa Tengah, memiliki berbagai objek wisata yang belum banyak diketahui khalayak. Salah satunya ialah Pantai Ambal. Pantai yang terletak di selatan Desa Ambalresmi itu memiliki pemandangan indah dengan ombaknya yang saling bersahutan.

Pada hari-hari tertentu, seperti Hari Raya Idul Fitri, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Mulai dari wisatawan lokal Kebumen hingga wisatawan dari kota lainnya.

Kesempatan itu tidak disia-siakan masyarakat sekitar. Di pinggir pantai, mereka menjajakan dagangannya. Mulai dari makanan dan minuman hingga benda-benda yang berkaitan dengan pantai, seperti kacamata hitam dan sandal pantai.

Adapula yang menjajakan atraksi permainan untuk anak-anak. Mulai dari kereta-keretaan hingga kolam renang seadanya sebagai tempat anak-anak bermain air.

Tak jauh dari pantai, ada arena pacuan kuda yang digunakan untuk menampilkan atraksi pacuan kuda. Atraksi tersebut biasanya memang kerap diadakan pada hari libur.

Sebelum berpacu di arena pacuan kuda, kuda-kuda balap itu dimanfaatkan wisatawan untuk area di sekitar Pantai Ambal. Para joki dan pelatih kuda melakukan ini agar kuda-kuda pacunya tetap fit dan terlatih hingga laga pacuan kuda dimulai.

Selain datang untuk menikmati keindahan pantai, wisatawan juga berburu undur-undur. Di pantai Ambal banyak sekali undur-undur yang bisa didapat dengan cara menggali pasir di bibir pantai.

Setelah mengumpulkan undur-undur, biasanya wisatawan akan memasak undur-undur itu dengan bumbu khas Ambal. Rasanya cukup enak dan tidak kalah dengan masakan seafood lainnya.

Sayang, wisatawan di Pantai Ambal kurang menjaga kebersihan pantai. Banyak sampah berserakan yang tertimbun di bawah pasir. Bila tak hati-hati, kaki kita dapat tertusuk sampah-sampah tajam yang tertimbun di bawah pasir pantai.

Sebenarnya, Pantai Ambal ini dapat dimaksimalkan sebagai objek wisata unggulan Kebumen. Pemerintah Daerah perlu membina warga sekitar untuk menjaga Pantai Ambal agar tetap menjadi objek wisata. Dengan begitu, akan semakin bertambah wisatawan yang berkunjung sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi warga.

Muhammad Khairil

 
Ekonomi & Bisnis
03 Apr 24, 04:18 WIB | Dilihat : 256
Pertamina Siap Layani Masyarakat Hadapi Lebaran 2024
12 Mar 24, 10:56 WIB | Dilihat : 427
Nilai Bitcoin Capai Rekor Tertinggi
02 Mar 24, 07:41 WIB | Dilihat : 273
Elnusa Bukukan Laba 2023 Sebesar Rp503 Miliar
Selanjutnya
Sainstek
01 Nov 23, 11:46 WIB | Dilihat : 953
Pemanfaatan Teknologi Blockchain
30 Jun 23, 09:40 WIB | Dilihat : 1176
Menyemai Cerdas Digital di Tengah Tsunami Informasi
17 Apr 23, 18:24 WIB | Dilihat : 1442
Tokyo Tantang Beijing sebagai Pusat Data Asia
12 Jan 23, 10:02 WIB | Dilihat : 1588
Komet Baru Muncul Pertama Kali 12 Januari 2023
Selanjutnya