Trump Penyebab Ketidaksiapan Amerika Serikat Menghadang Covid19

| dilihat 660

Jeffrey Sach, profesor dan direktur Centre of Sustainable Development - SIPA (School of International Public Affair)- Columbia, mengemukakan pandangan kritisnya pada Kamis (27/03/20) dalam artikel bertajuk "Why America has the world's most confirmend Covid-19 cases," di cnn.com.

Penulis buku terkenal The End of Poverty, itu mengemukkan, pada hari Kamis, itu dia sampai pada kesimpulan "mencapai daerah aliran sungai yang suram."

AS menyusul Italia dan China sebagai negara dengan jumlah kasus Covid-19 terkonfirmasi tertinggi. Ini adalah krisis yang mengerikan dan kegagalan luar biasa Presiden Donald Trump.

Orang Amerika menderita dan sekarat karena pemerintahan Trump gagal bertindak cepat dan tegas untuk mencegah penyebaran virus. AS sekarang telah melihat sekitar 1.195 kematian dan jumlahnya meningkat dengan cepat.

Pada hari Kamis, ungkap Sach, AS melihat peningkatan lebih dari 15.000 kasus dalam satu hari - lonjakan yang mengejutkan yang dapat dijelaskan oleh penyebaran virus dan peningkatan pengujian setelah berminggu-minggu kekurangan - mendorong jumlah total kasus yang dikonfirmasi lebih dari 82.000. China, sebagai perbandingan, telah melaporkan 81.285 kasus.

Ada perbedaan mendasar antara China dan AS. China telah mematahkan penyebaran virus dengan kuncian yang pertama kali dimulai di Wuhan pada 23 Januari dan sekarang diangkat secara bertahap; hanya beberapa lusin kasus baru yang diduga dikonfirmasi setiap hari, dan sebagian besar tampaknya diperkenalkan dari luar negeri.

Sach menulis, "AS belum memecahkan (persoalan) epidemi. Dan jika Trump memiliki caranya, meringankan pedoman untuk tinggal di rumah sebelum Paskah, kita akan gagal menghentikan epidemi dan jutaan lainnya akan terinfeksi. Bahkan dengan kontrol aktif, kita mungkin menghadapi sekitar 81.000 kematian pada bulan Juli menurut analisis rinci baru dari Institute for Health Metrics and Evaluation di University of Washington di Seattle."

Penyebaran virus, yang mungkin berasal dari kelelawar ke manusia adalah peristiwa yang tak terduga. Respons terhadap peristiwa itu telah ditentukan oleh kebijakan negara.

Pada 31 Desember 2019, pemerintah Wuhan secara terbuka mengkonfirmasi bahwa mereka sedang merawat puluhan kasus wabah pneumonia baru yang misterius dan pada 7 Januari 2020, para pejabat mengidentifikasi virus corona baru sebagai penyebabnya.

Kasus yang dikonfirmasi pertama di Jepang diidentifikasi pada pertengahan Januari, dengan Korea Selatan, Taiwan, Singapura dan AS mengikuti dalam beberapa hari.

Negara-negara Asia Timur mulai bertindak. Banyak yang mengalami wabah SARS 2003 dan memiliki tim kesehatan masyarakat yang siaga untuk wabah baru.

Lebih dari dua bulan kemudian, jumlah kasus yang dikonfirmasi telah meroket di AS, dengan lebih dari 250 kasus per satu juta orang, jauh lebih tinggi daripada China, yang memiliki sekitar 57 kasus; Hong Kong, 60; Taiwan, 11; Singapura, 117; Jepang, 11; dan Korea, 180.

Trump memikul tanggung jawab langsung atas ketidaksiapan Amerika dan kegagalan respons terhadap epidemi. Sejak Trump berkuasa, tulis Sach, ia secara sistematis membongkar sistem kesehatan masyarakat pelindung kami.

Unit pandemi di Dewan Keamanan Nasional dibongkar pada tahun 2018 di bawah pengawasannya. Trump memangkas tim kontrol epidemi CDC di 39 negara, termasuk China. Dan ketika epidemi melanda, Trump mengabaikannya, mengecilkannya, dan membuat klaim palsu berulang. Bahkan sekarang, dia menyuarakan omong kosong tentang memulai kembali ekonomi pada hari Paskah ketika para ahli kesehatan masyarakat mengatakan ancaman akan bertahan lebih lama.

Trump sangat bersalah, tetapi ia bukan satu-satunya alasan bagi situasi suram Amerika dalam menghadapi epidemi ini. Sistem perawatan kesehatan nirlaba kami menghasilkan uang untuk penyakit, bukan kesehatan. Alih-alih, kami memiliki sistem yang berfungsi untuk orang kaya, alih-alih sistem kesehatan publik untuk semua orang Amerika yang siap mengantisipasi dan mengendalikan patogen baru melalui pengujian, pelacakan kontak, dan karantina.

Washington Post mengabarkan, lebih dari 100.000 orang di Amerika Serikat (AS) dinyatakan positif mengidap virus corona.

Beban kasus dunia menurut Post, meningkat sepuluh kali lipat dalam satu setengah minggu terakhir, dan banyak ahli memperkirakan akan terus meningkat selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Diberitakan juga, jumlah sebenarnya infeksi hampir pasti jauh lebih besar karena hanya sebagian kecil dari 1 persen orang Amerika telah diuji, jauh di belakang negara-negara seperti Korea Selatan dan Italia.

Post menemukan fakta di lapangan, bahwa meskipun banyak negara telah diperintahkan untuk tinggal di rumah untuk memperlambat penyebaran virus, di Amerika Serikat, banyak pekerja federal masih diharuskan datang ke kantor di bawah kondisi yang berpotensi berbahaya

"Ratusan pekerja garis depan (front line) duduk berdampingan di bilik kecil yang memproses aplikasi paspor untuk Departemen Luar Negeri," tulis reportase Post itu. "Para karyawan punya waktu lima belas menit sehari untuk membersihkan meja mereka dengan persediaan yang harus mereka bawa dari rumah."

Ratusan orang Amerika meninggal setiap hari akibat penyakit ini - mendekati total 2.000 orang - dan pekerja perawatan kematian berjuang untuk mengatasi gelombang masuk di New York, pusat penyebaran wabah di Amerika Serikat.

Di tengah kekhawatiran bahwa tubuh dapat menyebarkan penyakit, truk berpendingin, tenda dan "kamar mayat pop-up" dikerahkan untuk menyimpan kelebihan beban. Pendeta rumah sakit melakukan ritual terakhir melalui video atau berdiri di luar pintu pasien.

“Dua minggu lalu, Presiden Trump menjanjikan jaringan sembilan belas tempat uji coba drive-through di seluruh negeri, tempat orang dapat diuji 'dengan sangat aman, cepat dan mudah,'” lapor Washington Post.

Tetapi CEO toko besar yang mengatakan mereka akan mengubah tempat parkir mereka menjadi tempat uji telah membuka hanya lima lokasi seperti itu, dan beberapa situs milik negara masih 'termangu,' menunggu persediaan peralatan pengujian.

Trump tiba-tiba bergerak ke arah federalisasi perjuangan negara itu melawan virus dalam dua hari terakhir, setelah berminggu-minggu meninggalkan negara untuk menerapkan kebijakan dan mendapatkan langsung persediaan medis mereka sendiri.

Pada hari Sabtu, pekan lalu, presiden mengatakan kepada wartawan, "Suatu hari nanti, ada kemungkinan kita akan melakukan karantina, jangka pendek selama dua minggu di New York. Mungkin New Jersey. Bagian dari Connecticut."

Pernyataan itu mengejutkan dan membingungkan Gubernur New York Andrew M. Cuomo (D), yang mengatakan kepada wartawan: "Saya bahkan tidak tahu apa artinya itu."

Trump juga mengambil kendali lebih besar terhadap rantai pasokan medis. Dia meminta kekuatan khalayak dan pengusaha pada hari Jumat, yang akan memungkinkannya memesan produsen swasta membangun ventilator, dan berjanji bahwa General Motors dan perusahaan lain akan menghasilkan 100.000 ventilator gabungan dalam 100 hari ke depan. (Sebuah studi tahun 2005 memperkirakan Amerika Serikat akan membutuhkan lebih dari 740.000 mesin dalam pandemi parah.)

Ketidakpercayaan dan permusuhan antara Gedung Putih dan gubernur di beberapa negara bagian yang paling parah terus menyulitkan perang melawan virus.

Trump mengatakan pada hari Jumat bahwa menyampaikan kepada Wakil Presiden Pence, yang memimpin satuan tugas coronavirus Gedung Putih, untuk tidak memanggil dua gubernur yang telah mengkritik pemerintah federal, yakni Gubernur Washington Jay Inslee dan Gubernur Michigan Gretchen Whitmer, keduanya dari Partai Demokrat.

"Saya ingin mereka menghargai," kata Trump. "Kami telah melakukan pekerjaan dengan baik," lanjutnya.

Gedung Putih mengumumkan, bahwa Trump mengabulkan permintaan Whitmer untuk deklarasi bencana, meskipun ada ketegangan.

Presiden juga memilih berdebat dengan Kongres, pada hari Jum'at, tentang paket bantuan ekonomi bersejarah senilai $ 2,2 triliun.

Ketika Trump menandatangani rancangan undang-undang itu menjadi undang-undang, ia mengeluarkan pernyataan yang merusak kekuatan inspektur jenderal yang disetujui Senat, yang semestinya mengawasi bagaimana Departemen Keuangan akan menyalurkan $ 400 miliar dalam bentuk pinjaman kepada perusahaan dan pemerintah daerah.

Ukuran pengawasan adalah kunci untuk memenangkan dukungan Demokrat untuk RUU itu, tetapi pernyataan Trump menunjukkan ia bermaksud untuk mengawasi dirinya sendiri.

Situasi yang terjadi di Amerika Serikat, itu contoh buruk lemahnya koordinasi dalam percepatan pemberantasan virus corona Covid-19 asal China dan pertama kali merebak di Provinsi Wuhan, yang kini dinyatakan aman dari virus itu, ternyata belasan orang yang sudah dinyatakan sembuh, mengalami serangan balik virus.

Trump tak hanya bersoal dengan lawan politiknya di dalam negeri. Dia juga menunjukkan sikapnya menyalahkan China, dengan menuduh negara komunis itu telah menyembunyikan informasi tentang virus Covid-19 sampai kemudian WHO menyatakannya sebagai pandemi global. | haedar

Editor : Web Administrator | Sumber : washington post, cnn
 
Sainstek
01 Nov 23, 11:46 WIB | Dilihat : 823
Pemanfaatan Teknologi Blockchain
30 Jun 23, 09:40 WIB | Dilihat : 1089
Menyemai Cerdas Digital di Tengah Tsunami Informasi
17 Apr 23, 18:24 WIB | Dilihat : 1342
Tokyo Tantang Beijing sebagai Pusat Data Asia
12 Jan 23, 10:02 WIB | Dilihat : 1483
Komet Baru Muncul Pertama Kali 12 Januari 2023
Selanjutnya
Energi & Tambang