Banjir Bandung

| dilihat 1174

 

Banjir Bandung

Bandung merupakan salah satu kota tujuan wisata yang cukup tinggi kunjungan wisatawannya. Banyak tempat wisata di Bandung yang ramai dibicarakan di media sosial terutama instagram karena memang banyak sekali tempat di bandung yang bisa dikatakan instagenik. Mulai dari taman, tempat makan, tempat belanja baju. Singkat cerita, Bandung dianggap sebagai tempat yang asyik dan aman untuk berwisata.

Tapi di musim penghujan seperti sekarang ini, masyarakat kota bandung dikejutkan oleh banjir yang menggenangi beberpa daerah seperti Pasteur, Pagarsih, Gedebage yang lumpuh tergenang air. Foto dan video banjir Bandung pun menjadi viral dan trending topic di medsos.

Sebenarnya, kita akan menemukan jalan cerita banjir tersebut ketika mengamati kondisi geografis Bandung. Jalan Terusan Pasteur merupakan cekungan tempat air berkumpul. Daerah Pagarsih, dulunya, merupakan kawasan danau Situ Aksan. Kawasan Bandung sendiri secara keseluruhan merupakan daerah cekungan.

Banjir akan selalu muncul selama tata kotanya belum dibenahi. Potensi banjir akan meningkat ketika kawasan 'atas' Bandung, yang dikenal dengan sebutan Kawasan Bandung Utara (KBU), juga diterpa hujan deras. Sesuai hukum fisika, air dari daerah tinggi akan mengalir ke daerah yang lebih rendah. Inilah yang menggandakan volume air untuk membanjiri Bandung, yaitu 'banjir reguler' akibat hujan di Kota Bandung dan banjir kiriman dari daerah utara bandung.

Sementara pada saat ini di kawasan Bandung Utara pembangunan perumahan, villa, cafe, restoran dan tempat wisata lain pembangunannya semakin menggila bahkan bisa dikatakan tidak terkendali. Hal ini pulalah yang menjadi salah satu penyebab banjir dibeberapa titik di kota bandung, karena daerah utara yang harusnya menjadi daerah resapan air dengan penghijauan yang harus terjaga, sekarang malah banyak dilapisi beton jadi sudah tentu air menjadi sangat deras turun ke tengah kota Bandung yang secara geografis berbentuk cekungan.

Foto dan Tulisan : Dani Budiana

 
Seni & Hiburan
03 Des 23, 14:05 WIB | Dilihat : 532
Kolaborasi Pelukis Difabel dengan Mastro Lukis
29 Sep 23, 21:56 WIB | Dilihat : 1626
Iis Dahlia
09 Jun 23, 09:01 WIB | Dilihat : 1403
Karena Lawak Chia Sekejap, Goyang Hubungan Kejiranan
Selanjutnya
Humaniora
02 Apr 24, 22:26 WIB | Dilihat : 542
Iktikaf
31 Mar 24, 20:45 WIB | Dilihat : 1067
Peluang Memperoleh Kemaafan dan Ampunan Allah
24 Mar 24, 15:58 WIB | Dilihat : 295
Isyarat Bencana Alam
16 Mar 24, 01:40 WIB | Dilihat : 759
Momentum Cinta
Selanjutnya