Atraksi Water Screen Meriahkan Festival Milenial

| dilihat 406

GORONTALO | Atraksi lampu yang dipantulkan ke water screen (layar air) sehingga menampilkan gambar hidup seperti layar bioskop mewarnai Festival Produk Milenial di kawasan Danau Perintis, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Para milenial yang hadir memenuhi area di sekeliling danau tersebut.

“Saya sengaja tak menyampaikan saat membuka acara ini karena biarkan masyarakat menyaksikan sendiri,” kata Wakil Ketua DPR RI Bidang Korinbang, Rachmat Gobel, seusai acara, Jumat, 25 Agustus 2023.

Festival milenial ini merupakan gagasan Gobel yang didukung oleh Bank Indonesia sebagai sponsor utama serta didukung bank-bank pemerintah maupun Otoritas Jasa Keuangan. Festival akan berlangsung hingga Minggu, 27 Agustus 2023. Acara berlangsung dari siang hingga malam hari dan dimeriahkan dengan live music.

Pada kesempatan itu hadir Bupati Gorontalo Nikson Pomalingo, Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo Dian Nugraha, serta utusan dari Partai Demokrat, PKS, Golkar, dan PPP. Para peserta festival adalah kaum milenial yang menerjunkan diri dalam berbagai usaha berskala UMKM seperti kuliner, handicraft, dan juga pertanian.

Dalam sambutannya, Dian Nugraha menyampaikan bahwa produk-produk UMKM Gorontalo sudah tembus ekspor ke Jepang, Malaysia, Korea Selatan, dan Eropa.

Gobel menceritakan, saat kampanye pemilu 2019, ia mengaku sering melintas di Danau Perintis. Danau yang terletak di cekungan di antara bukit-bukit tersebut, katanya, begitu indah. Karena itu, ia bertekad untuk mengembangkan kawasan danau buatan yang ditujukan untuk irigasi pertanian tersebut.

Pada sisi lain, ia mengaku prihatin dengan kondisi kemiskinan di Gorontalo sebagai provinsi termiskin kelima di Indonesia. Padahal Gorontalo memiliki tanah yang subur sehingga produk pertanian dan buah-buahan di Gorontalo memiliki rasa yang lezat.

Gorontalo juga memiliki alam yang indah. Gorontalo memiliki bukit-bukit kecil dengan lanskap yang indah. Gorontalo juga memiliki pantai dan pulau-pulau kecil dengan pasir putihnya. Dan yang tak kalah indah adalah danaunya. Salah satunya adalah Danau Perintis.

Gorontalo juga memiliki keunggulan ekonomi berbasis budaya serta kearifan lokal. Ada beragam kuliner, kain sulam karawo, dan handicraft lainnya, yang sudah berhasil menembus pasar ekspor.

Untuk itu, pada 2021, Rachmat Gobel meluncurkan Visi 2051 yang berjangka 30 tahun. Salah satunya adalah menjadikan spot-spot yang ada dijadikan tempat tujuan wisata. Namun arena wisata itu harus menjadi sebuah ekosistem yang terintegrasi sehingga menjadi gravitasi ekonomi baru yang mampu menghela banyak faktor dan melibatkan sebanyak mungkin orang. Maka ia mempercantik sekeliling danau dengan lampu-lampu. Sedangkan di tengah danau dilengkapi atraksi water screen.

Selain itu juga disediakan lapak-lapak untuk UMKM dan area-area untuk relaksasi.

“Yang utama adalah Danau Perintis bukan hanya tempat yang baik untuk healing dan kongkow, tapi juga akan menghidupkan ekonomi masyarakat Gorontalo. Industri kuliner, handicraft, dan pertanian serta perikanan akan terbantu oleh hidupnya Danau Perintis. Lapangan kerja baru juga akan tercipta. Dengan demikian aktivasi Danau Perintis ini membangun harapan bagi masa depan generasi muda Gorontalo. Karena itu setiap tahun di Danau Perintis selalu ada kegiatan Festival Produk Milenial seperti hari ini,” katanya.

Pada kesempatan itu Gobel mengajak seluruh kekuatan politik di Gorontalo untuk melupakan latar belakang partai.

“Kepentingan kita sama. Ingin memajukan Gorontalo. Biarlah perbedaan itu hanya ada saat di tempat pemungutan suara. Selebihnya kita sama. Saya senang saat ini hadir perwakilan dari partai-partai. Ini bukti kedewasaan kita dalam berpolitik. Saya justru kecewa dengan ketidakhadiran Pejabat Gubernur. Padahal kegiatan ini untuk membantu pemerintah daerah,” katanya. | riliesa

Editor : delanova
 
Seni & Hiburan
03 Des 23, 14:05 WIB | Dilihat : 594
Kolaborasi Pelukis Difabel dengan Mastro Lukis
29 Sep 23, 21:56 WIB | Dilihat : 1688
Iis Dahlia
09 Jun 23, 09:01 WIB | Dilihat : 1469
Karena Lawak Chia Sekejap, Goyang Hubungan Kejiranan
Selanjutnya
Energi & Tambang