Sentra Kerajinan Keramik Plered Purwakarta

| dilihat 1876

 

Sentra Kerajinan Keramik Plered Purwakarta

 

Jika ke Bandung atau sebaliknya ke Jakarta melewati Cikampek, mampirlah ke Sentra Kerajinan Keramik Plered, Purwakarta, Jawa Barat. Di sini banyak kerajinan keramik yang unik dan pantas untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Bentuknya beraneka ragam dengan harga relatif murah.

Sentra industri keramik Plered berada di wilayah selatan Kabupaten Purwakarta. Plered merupakan satu kecamatan yang memiliki luas wilayah 36,79 km persegi dengan jumlah penduduk 54,337 jiwa. Sentra industri kecil ini terletak di Desa Anjun, Citeko, dan Desa Pamoyanan. Plered sudah lama dikenal sebagai daerah penghasil keramik. Dari tempat ini, berbagai bentuk dan ukuran keramik dibuat. Ada yang kecil, sedang hingga besar dengan berbagai aneka bentuk .

Pembuatan keramik Plered memang sudah berlangsung turun temurun dan diperkirakan dimulai sejak tahun 1904. Awalnya, masyarakat sekitar membuat keramik dari tanah liat merah dan termasuk gerabah ini untuk memenuhi perkakas rumah tangga. Tapi, pada perkembangannya kerajinan tersebut mampu menjadi sumber pendapatan tersendiri bagi masyarakat sekitar.

Di sepanjang jalan tampak berjejer pajangan keramik yang menarik perhatian. Berbagai bentuk gerabah, mulai dari perabotan rumah tangga hingga mainan anak-anak bisa menjadi suvenir yang menarik. Bila berkunjung langsung, selain bisa menyaksikan langsung pembuatan keramik, Anda juga bisa mendapatkan harga lebih murah. Ada yang dijual mulai dari Rp 1.500,- sampai ratusan ribu rupiah.

Foto : Dani Budiana

Tulisan : Dani Budiana ( dari berbagai sumber )

 
Polhukam
19 Apr 24, 19:54 WIB | Dilihat : 272
Iran Anggap Remeh Serangan Israel
16 Apr 24, 09:08 WIB | Dilihat : 368
Cara Iran Menempeleng Israel
Selanjutnya
Seni & Hiburan
03 Des 23, 14:05 WIB | Dilihat : 537
Kolaborasi Pelukis Difabel dengan Mastro Lukis
29 Sep 23, 21:56 WIB | Dilihat : 1635
Iis Dahlia
09 Jun 23, 09:01 WIB | Dilihat : 1409
Karena Lawak Chia Sekejap, Goyang Hubungan Kejiranan
Selanjutnya