I Like This

Adegan Tak Patut Variety Show Televisi

| dilihat 4159

AKARPADINEWS.COM | SALAH satu bentuk kebebalan yang kerap merusak programa siaran televisi adalah replikasi program.  Hal ini menjadi penyakit beberapa kalangan yang menyandang ‘title’ sebagai personil kreatif stasiun televisi. Apalagi ketika masuk kepentingan korporat untuk melakukan efisiensi belanja program atau mata acara siaran.

Salah satu bentuk kebebalan itu ditampakkan oleh acara I Like This (SCTV) yang mereplikasi bentuk lain dari Yuuk Keep Smile (YKS) – TransTV yang setelah 100 episode penayangan secara striping, nangkring di posisi pertama programa variety show televisi.

Senin (7/1/14) malam, acara yang ditayangkan nyaris head to head dengan YKS itu, menampilkan adegan bodoh yang tak patut muncul di layar televisi. Para pemain, utamanya: Andhika Pratama, Gading Marten, Naji Cagur, Jupe dan lainnya.

Ke atas panggung dihadirkan sejumlah atlet binaragawan (satu di antaranya bule), dengan bertelanjang dada. Kemudian dilakukanlah semacam lomba sesuai dengan ‘instruksi.’ Perintahnya adalah : memegang ketiak binaragawan (kiri dan kanan) lantas mencium tangan yang habis dijepit ketiak itu. Jupe berusaha mengelak dan beberapa kali (akting atau sungguhan) hendak memuntahkan kemualannya.

Kekonyolan itu dijadikan bahan canda dan tonton yang disaksikan oleh beragam komunitas dari beragam kampung. Norak dan bodoh. Kita tak habis adegan tak santun itu bisa muncul di layar SCTV, stasiun televisi yang selama ini banyak menghadirkan program terbaik. Terutama FTV 100 Persen Indonesia.

Dari aspek format, I Like This sebagai program variety show sebenarnya punya data-style yang bisa dieksplor tanpa harus menghadirkan adegan jorok semacam itu. Apalagi secara segmentatif format acara ini terdiri dari Karaoke Malam yang diisi penyanyi, Games Malam menarik berisi pertandingan antar kampung,  Kejutan Malam yang terseleksi, Parodi Malam, dan Rezeki Malam dengan joged yang heboh. Ada juga bumbu empat meong.

Mengagetkan memang. Karena SCTV juga mempunyai programa siaran variety musik Inbox, Indonesia Got Talent, Eat Bulaga Indonesia, dan program infotaiment yang baik. Belum lagi, stasiun televisi ini mempunyai programa siaran keren seperti Harmoni dan sinetron seri dengan muatan khas, seperti Para Pencari Tuhan, Pesantren dan Rock and Roll, dan sejenisnya.

Kita bisa maklumi programa siaran variety show dengan studio type memang programa yang pas saat ini, ketika kondisi perekonomian kita sedang tak elok. Tapi, menghadirkan adegan-adegan bebal dalam programa siaran semacam ini, akan mengurangi berbagai program yang dikemas apik.

Manajemen kreatif SCTV yang membawa programa siaran dan produksi entertainment show ini mestinya paham, sedikit saja terjadi kontaminasi, akan berakibat buruk terhadap banyak program. Karenanya, kreativitas tanpa henti merupakan kata kunci yang harus terus dipelihara. Tentu dengan memberikan aksentuasi khas terhadap quality control. Tidak pada saat suatu adegan take. Tetapi, jauh daripada itu, ketika suatu adegan difikirkan dalam benak.

Di sisi lain, untuk I Like This, trio  GAN - ‘Gading – Andhika – Naji’ alias ‘Trio Semprul’ itu bisa dieksplorasi kreativitasnya agar tidak terjebak dalam kekonyolan-kekonyolan yang tak perlu. Bahkan, boleh dikata, mereka bertiga plus Bianca Liza sudah cukup untuk menghidupan suasana. Keempatnya cukup mempunyai daya untuk mengelola suasana, sekaligus mengkaribkan programa siaran itu dengan audience, baik di studio maupun di rumah. Jadi, berhati-hatilah | bang sem

 

 

Editor : N Syamsuddin Ch. Haesy
 
Sainstek
01 Nov 23, 11:46 WIB | Dilihat : 822
Pemanfaatan Teknologi Blockchain
30 Jun 23, 09:40 WIB | Dilihat : 1088
Menyemai Cerdas Digital di Tengah Tsunami Informasi
17 Apr 23, 18:24 WIB | Dilihat : 1341
Tokyo Tantang Beijing sebagai Pusat Data Asia
12 Jan 23, 10:02 WIB | Dilihat : 1481
Komet Baru Muncul Pertama Kali 12 Januari 2023
Selanjutnya
Budaya
09 Des 23, 08:03 WIB | Dilihat : 633
Memaknai Maklumat Keadaban Akademi Jakarta
02 Nov 23, 21:22 WIB | Dilihat : 781
Salawat Asyghil Menguatkan Optimisme
12 Okt 23, 13:55 WIB | Dilihat : 750
Museum Harus Bikin Bangga Generasi Muda
Selanjutnya