Pertambangan Emas Gunung Pani - Gorontalo

J-Resource Jalin Kerjasama dengan KUD

| dilihat 2177

JAKARTA, AKARPADINEWS | Koperasi Unit Desa (KUD) Dharma Tani Marisa – Gunung Pani Gorontalo yang selama ini nyaris dikuasai investor asing dalam menggarap izin usaha penambangan yang dimilikinya, akhirnya menemukan solusi ketika memutuskan bekerjasama dengan PT Puncak Emas Gorontalo (PEG), anak perusahaan PT J Resources Asia Pasific Tbk.

Kerjasama itu ditandai dengan penanda-tanganan memorandum of understanding (MoU) antara Ketua KUD Dharma Tani Marisa,  Abdul Kadir Akib dengan Direktur PEG, Edi Permadi di Jakarta, Selasa (24/12) lalu. Kesediaan PEG bekerjasama dengan KUD Dharma Tani selaras dengan prinsip bisnis yang diembannya untuk melibatkan masyarakat lokal di situs tambang.

Edi belum memastikan berapa besar deposit emas di lahan seluas 100 hektar sesuai izin yang dimiliki KUD tersebut dari Bupati Pohuwato, Gorontalo. Yang pasti, lahan yang berada di tengah kawasan tambang PEG tersebut akan segera dieksplorasi sesuai dengan standar best practice mining yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan (UU Minerba).

Edi memperkirakan, potensi emas dari data sumir, di kawasan tambang itu diperkirakan terkandung sekitar 1 juta ton. Eksplorasi harus segera dilakukan PEG, karena izin yang dimiliki KUD Dharma Tani sesuai SKP Bupati Pohuwato Nomor 316/13/XI/Tahun 2009, juga mempunyai tenggat waktu.

Kerjasama itu sendiri, menurut Edi, meliputi kegiatan studi kelayakan, eksplorasi, produksi, pengangkutan, pengolahan, pemurnian mineral, dan penjualan. J-Resources sendiri sudah berpengalaman mengelola tambang emas di Penjom – Pahang, Malaysia. J-Resources (PSAB) merupakan perusahaan pertambangan nasional yang berpengalaman internasional. Di Indonesia, perusahaan tambang ini terbilang perusahaan yang patuh dengan peraturan pertambangan nasional.

Edi dan Abdul Kadir sama berpandangan, kerjasama itu akan berdampak positif terhadap upaya pemberdayaan ekonomi di Kabupaten Pohuwato khususnya dan Provinsi Gorontalo umumnya. “Hal ini sesuai dengan prinsip kami untuk memberikan dampak kesejahteraan langsung kepada masyarakat,” jelas Edi. | din

Editor : Web Administrator | Sumber : J-Resources
 
Sporta
07 Jul 23, 08:50 WIB | Dilihat : 1095
Rumput Tetangga
Selanjutnya
Polhukam
05 Mar 24, 04:23 WIB | Dilihat : 242
Tak Perlu Risau dengan Penggunaan Hak Angket DPR
05 Mar 24, 08:18 WIB | Dilihat : 421
Anak Anak Abah Menghalau AI Generatif
22 Feb 24, 11:50 WIB | Dilihat : 316
Jalan Terjal Perubahan
18 Feb 24, 05:52 WIB | Dilihat : 271
Melayari Dinamika Kebangsaan dan Demokrasi
Selanjutnya