Penambangan Batu Kapur Karawang Selatan

Wagub Jabar: Hentikan Aktivitas Penambangan Batu Kapur!

| dilihat 2759
 
BANDUNG, AKARPADINEWS.Com–  Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, dalam rapat koordinasi memutuskan seluruh aktivitas penambangan batu kapur di wilayah Karawang Selatan, dihentikan hingga batas waktu tertentu. 
 
Seluruh aktivitas penambangan oleh siapapun harus dihentikan, kata Deddy di Gedung Sate, Selasa (12/8) dilansir laman resmi Pemprov Jabar, hingga proses hukum selesai dan hingga hasil penyelidikan geografis sudah disimpulkan.
 
Deddy memaparkan, keadaan di lokasi penambangan sudah sangat mengkhawatirkan. Selain itu, perizinan melakukan aktivitas penambangan masih dipertanyakan. Karenanya, penghentian kerusakan kawasan kars harus segera dilakukan.
 
“Keadaan disana itu mengkhawatirkan sekali, seolah-olah negara tidak hadir disana. Karena itu segeralah tindak, bagaimana izin penambangannya. Tapi jangan sampai salah langkah, itu malah bisa jadi bahan tertawaan," ujar Deddy dalam arahannya di rapat.
 
Menindaklanjuti Wagub Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jawa Barat, Anang Sudarna, menjelaskan bahwa pada aktivitas penambangan, harus dapat dibedakan yang mana kawasan kars yang aman ditambang, dan mana yang merupakan bentangan kars yang tidak boleh ditambang.
 
Dijelaskan Anang dalam rapat, bahwa kars batu kapur adalah penyerap air tanah yang melimpah. Di Karawang itu ada sekitar 1.012 hektar kars kelas 1, yang tidak boleh ditambang dan di Desa Tamansari, Kabupaten Karawang, tercatat ada sekitar 115 tungku pembakaran batu kapur milik warga, yang sebagian besar berprofesi sebagai penambang batu kapur. 
 
Peta Potensi Batu Kapur (warna oranye) di Jabar. Sumber:BKPM
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Polhukam
19 Apr 24, 19:54 WIB | Dilihat : 272
Iran Anggap Remeh Serangan Israel
16 Apr 24, 09:08 WIB | Dilihat : 368
Cara Iran Menempeleng Israel
Selanjutnya
Energi & Tambang