Chevrolet-FNR, Mobil Canggih Futuristis

| dilihat 4618

AKARPADINEWS.COM| Mobil canggih makin bermunculan. Setelah Google Car, Tesla Motor, dan Mercedes Benz, giliran pabrikan General Motor (GM) yang dikenal memproduksi produk mobil Chevrolet, mengeluarkan mobil canggih yang dapat mengemudi sendiri. Mobil itu ialah Chevrolet-FNR.

FNR merupakan mobil hasil dari kerjasama GM dengan Pan Asia Technical Automotive Center (PATAC) yang dikembangkan di Shanghai, Tiongkok. Mobil tersebut merupakan mobil dengan beragam teknologi canggih dan didesain dengan tampilan futuristik sehingga sangat terlihat mobil FNR sebagai mobil masa depan.

Mike Albano, Communications Director Chevrolet, mengatakan, desain FNR merupakan desain mobil yang baru ada di tahun 2020. “Kami meminta pada teknisi yang mendesain mobil ini (FNR) sebagai visualisasi bagaimana seharusnya desain sebuah mobil pada tahun 2020,” ujarnya yang dilansir dari mashable.com, Rabu (22/4).

Dengan desain kapsul futuristis, FNR termasuk ke dalam mobil listrik paling otomatis. Segala fitur dalam mobil ini sangat otomatis. Bahkan, kemudinya pun dikendalikan dengan komputer. Saat mobil tengah dikendalikan komputer, pengemudi dan penumpang bangku depan dapat memutar bangkunya 180 derajat sehingga dapat berhadapan dengan penumpang bangku belakang.

Kemampuan kursi depan memutar saat mode otomatis, pandangan Albano, akan membuat seseorang nyaman dan lebih produktif. “Bagi sebagian orang di dunia, waktu adalah uang dan dengan keotomatisan (pada Chevrolet-FNR) ini akan memberikan banyak waktu yang terbuang karena harus memegang setir mobil. Dengan begitu, orang akan mampu melakukan banyak hal tanpa harus memegang kendali mobil,” terangnya. Albano menambahkan, ketika ingin mengembalikan kursi ke posisi semula, penumpang hanya perlu menggerakan tubuhnya karena mobil ini dapat membaca gestur tubuh.

Keotomatisan mobil ini ditopang oleh sistem Chevy Intelligent Assistant (CIA). Sistem itu memungkinkan FNR memantau daerah di sekitarnya untuk bermanuver dan mengendarai mobil secara otomatis. Selain itu, CIA juga memungkinkan mobil pintar ini menjadi “asisten pribadi” yang dapat merujuk jalan tercepat hingga tujuan.

Selain keunggulan teknologi pada sistem pintarnya, Chevrolet-FNR juga memiliki keunggulan pada body dan mesin penggeraknya. Pada body, FNR merupakan mobil bertipe sedan sedang. Dengan ukuran itu, Albano berpendapat, FNR akan menjadi pembeda di antara mobil listrik kebanyakan yang mengusung ukuran kecil.

Mobil yang bentuk fisiknya sangat unik itu juga dilengkapi dengan pintu berjenis dragonfly dual swing door yang ketika dibuka akan naik ke atas seperti sayap capung ketika terbang. Selain itu, ketika pintu dibuka maka akan mengaktifkan lampu Ligth-Emitting Diode (LED) yang akan menegaskan kesan futuristik pada mobil tersebut.

Desain futuristik FNR dibuat para teknisi ini menunjukkan bahwa mobil canggih tersebut memang ditujukan bagi anak muda yang telah hidup di zaman digital. Lalu, mobil ini juga dilengkapi lampu depan dan belakang yang terbuat dari lampu kristal sehingga cahaya yang dihasilkan terang benderang.

Chevrolet-FNR menggunakan mesin magnetic hubless wheel electric motor yang memungkinkan mobil bergerak dengan menggunakan tenaga listrik yang langsung disalurkan ke empat rodanya. Selain itu, dengan menggunakan mesin ini, FNR menggunakan suspensi magnet yang memungkinkan mobil ini jalannya seakan melayang. Keunggulan terakhir dari mobil ini ialah tenaga baterainya dapat diisi ulang dengan teknologi wireless.

Dari segi interior, Chevrolet-FNR ini memiliki panel digital di bagian depan yang dipergunakan untuk memprogram otak cerdas FNR untuk berjalan. Selain itu, untuk sistem stater mobil, FNR menggunakan sistem penyalaan melalui kornea mata. Oleh karena itu, mobil ini dapat diprogram agar benar-benar ekslusif untuk satu orang atau satu keluarga. Dengan sistem penyalaan melalui kornea mata maka mobil ini akan sulit dicuri.

Chevrolet-FNR menawarkan kecanggihan teknologi di beragam aspek mobilnya. Kecanggihan itu diciptakan untuk memudahkan manusia dalam kegiatan sehari-hari. Terlebih, kini manusia lebih banyak menghabiskan waktunya di jalanan. Bila mengendarai sendiri, maka akan banyak menghabiskan waktu.

Untuk itu, mobil canggih otomatis semacam Chevrolet-FNR akan memberikan banyak waktu yang terbuang di jalanan hanya untuk mengemudikan kendaraan. Meski demikian, keberadaan mobil secanggih FNR ini tidak akan mungkin terwujud, tanpa pembangunan teknologi infrastruktur kota yang memadai. Karena, sistem dalam mobil ini berintegrasi dengan keadaan teknologi yang diusung oleh infrastruktur kota.

Muhammad Khairil

Editor : M. Yamin Panca Setia
 
Seni & Hiburan
03 Des 23, 14:05 WIB | Dilihat : 431
Kolaborasi Pelukis Difabel dengan Mastro Lukis
29 Sep 23, 21:56 WIB | Dilihat : 1501
Iis Dahlia
09 Jun 23, 09:01 WIB | Dilihat : 1320
Karena Lawak Chia Sekejap, Goyang Hubungan Kejiranan
Selanjutnya
Sporta
07 Jul 23, 08:50 WIB | Dilihat : 1095
Rumput Tetangga
Selanjutnya