Tips

7 Tips Bersepeda Motor Cerdas Saat Musim Hujan

| dilihat 1679
 
JAKARTA, AKARPADINEWS.Com - Selalu berhati -hati dalam berkendara jadi prioritas utama bagi pengendara,namun di musim penghujan sikap waspada itu harus lebih ditingkatkan. Selain meningkatkan kewaspadaan di jalan raya dari ranjau paku,jalan berlubang dan sebagainya, pengendara sepeda motor juga harus cerdas dalam mempersiapkan diri ketika akan menungganggi si kuda besi ini.
 
Berikut adalah tujuh tips berkendara sepeda motor aman saat musim hujan. Semoga bermanfaat untuk Anda:
 
1. Perhatikan Kondisi Ban
Hal yang perlu diperhatikan pada ban kendaraan Anda ialah usia ban tersebut. Usia ban tidak boleh lebih dari empat tahun dari pertama kali digunakan. Tanggal pembuatan dapat dilihat di dinding ban. Apabila kedalaman telapak saat ban menapak kurang dari 2 milimeter, maka segera ganti ban Anda, karena ban sudah kekurangan daya cengkramnya. Petunjuknya dapat dilihat pada segitiga Tread Wear Indicator (TWI) pada dinding ban. Untuk mengurangi kemungkinan terpeleset, kurangin tekanan angin ban pada 1-2 psi dari skala normal.
 
2. Cek Rantai
Sebelum berkendara ada baiknya melumasi minyak anti karat pada rantai motor Anda. Karena, air hujan dapat menyebabkan rantai berkarat dan rusak. Selain itu, perhatikan pengaturan rantai Anda karena saat menembus hujan beban yang ditanggung rantai bertambah.
 
3. Periksa Seluruh Lampu Motor
Kondisi hujan akan menyebabkan pengendara kehilangan daya penglihatan. Untuk itu, cahaya dari lampu motor berguna untuk penerangan. Selain itu, lampu motor juga berfungsi sebagai sinyal peringatan pada pengendara lain.
 
4. Lapisi Kaca Helm dengan Cairan Anti Embun
Kaca helm yang berembun dapat berakibat fatal bagi pengendara. Embun pada kaca helm akan mengaburkan pandang pengendara sehingga daya pandang berkurang. Untuk itu, sebelum berkendara, sempatkanlah membersihkan helm dan kaca helm dengan cairan anti air. Dengan cairan anti air tersebut, embun dan sisa air hujan akan langsung mengalir ke bawah dan tidak tertahan di kaca helm Anda.
 
 
 
5. Gunakan Jas Hujan yang Benar
Varian jas hujan saat ini cukup beragam. Namun, varian yang disarankan ialah varian jas hujan model jas dan celana. Hindari menggunakan jas hujan bermodel one piece atau ponco. Karena, jas hujan ponco dapat tersangkut di rantai dan dapat menyebabkan Anda tercekik.
 
6. Waspada Bermanuver
Jangan memacu kencang kendaraan dan bermanuver ekstrim Anda bila jalanan masih basah karena air hujan. Selalu waspada akan keberadaan pengendara motor lainnya. Perhatikan genangan air, jangan sekali-sekali melindas genangan air dalam keadaan kecepatan penuh. Bisa jadi genangan tersebut dikarenakan adanya lubang. 
 
7. Cari Tempat Berteduh yang Aman
Ketika hujan sangat deras lebih baik Anda berhenti sejenak. Cari tempat berteduh yang sekiranya aman. Jangan pernah berteduh di bawah papan reklame maupun pohon. Karena, rawan roboh tertiup angin ataupun tersambar petir.
 
Semoga tips ini berguna bagi Anda dan tetap waspada dalam berkendara serta jadilah pelopor keselamatan berkendara. |Muhammad Khairil.
 
 
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Ekonomi & Bisnis
31 Agt 21, 19:09 WIB | Dilihat : 442
Pandemi dan Pemulihan Ekonomi Lokal
14 Mar 21, 23:46 WIB | Dilihat : 509
Sindroma Ambivalensia
16 Des 20, 07:56 WIB | Dilihat : 676
Peta Bank Syariah di Indonesia Berubah
Selanjutnya
Seni & Hiburan
31 Jul 21, 04:03 WIB | Dilihat : 210
Mata Maut
03 Mar 21, 06:38 WIB | Dilihat : 455
Industri Game Naik Saat Pandemi
Selanjutnya