Melirik Mobil Termungil di Dunia, P50

| dilihat 2935
 
ISLE OF MAN, AKARPADINEWS.Com -  Bagi Anda pecinta mobil mungil, kini saatnya Anda melirik mobil termungil di dunia kategori city car, Peel P50, produksi dari Peel Engineering, yang lebih mungil dari sepeda motor bebek bila disejajarkan. 
 
P50 pertama kali diproduksi pada tahun 1962 di Isle of Man, Inggris, oleh Peel Engineering. Mobil ini memiliki tiga buah roda, dua di depan dan satu di belakang. Kapasitas penumpangnya hanya satu orang, yaitu si pengemudi dan memiliki kapasitas bagasi hanya untuk satu kantung belanja sedang. 
 
Mobil mungil ini mempunyai panjang sekitar 137 cm (54 inch) dengan lebar 104 cm (41 inch). Mobil ini mampu berjalan dengan kecepatan 40 meter perjam,  tetapi mobil ini memiliki satu kelemahan, yaitu tidak memiliki reverse gear atau perseneling mundur. Untuk memundurkan kendaraan, si pengendara harus menarik sendiri P50. Jangan dibayangkan bahwa untuk menarik mobil ini berat, karena mobil ini dirancang juga untuk menjadi kendaraan yang ringan. Bahkan, untuk menarik mobil ini cukup dengan satu tangan saja.
 
 
Desain utama mobil ini dirancang oleh Cyrill Cannell, pemilik Peel Enginerring pada kisaran tahun 1060-an. Tujuan dibuatnya mobil ini oleh Cannell ialah untuk menciptakan mobil yang berukuran ringkas dan kecil. Pada awal diproduksinya, di tahun 1962, P50 masuk ke dalam catatan rekor dunia oleh Guinness World of Record sebagai mobil terkecil yang diproduksi secara masal. Namun, P50 tidak bertahan lama kala itu, mobil mungil ini hanya bertahan hingga tahun 1964.
 
Tahun 2011 menjadi tahun kelahiran kembali P50. Dua orang pengusaha lokal Inggris, Gary Hillman dan Faizal Khan, membeli perusahaan Peel Engineering untuk memproduksi ulang P50. Kedua pengusaha itu pun mengikuti acara Dragon Den untuk mendapatkan investasi untuk mengembangkan P50. Dari acara tersebut, Hillman dan Khan mendapat investasi dari seorang pengusaha bernama James Caan sebesar 80.000 poundsterling. Hasil investasi tersebut akhirnya menghidupkan P50.
 
Mobil terkecil di dunia ini telah mendapat kritik dan saran dari jurnalis otomotif senior BBC, James Clarkson. Dalam review acara Top Gear, ia menyatakan bahwa P50 bisa menjadi kendaraan terbaik untuk keadaan jalanan masa kini. “Kendaraan ini akan menjadi kendaraan terbaik untuk masa kini, asalkan memiliki perseneling mundur,” ujarnya dalam acara Top Gear yang dilansir dari situs Youtube.com, Rabu (3/12).
 
Keunikan P50 membuatnya memiliki daya tarik tersendiri. P50 sudah tampil di beragam acara, baik berita maupun reality show. Bahkan, P50 juga dijadikan mobil es krim keliling di oleh Nestle. Mobil mungil yang terlahir kembali kini menjadi salah satu kebanggaan penduduk Isle of Man.  Tentunya P50, kendaraan mungil nan unik ini lebih cocok dimiliki oleh para kolektor mobil mungil ketimbang jadi mobil fungsional. |Muhammad Khairil
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Sporta
07 Jul 23, 08:50 WIB | Dilihat : 1182
Rumput Tetangga
Selanjutnya
Budaya
09 Des 23, 08:03 WIB | Dilihat : 732
Memaknai Maklumat Keadaban Akademi Jakarta
02 Nov 23, 21:22 WIB | Dilihat : 890
Salawat Asyghil Menguatkan Optimisme
12 Okt 23, 13:55 WIB | Dilihat : 841
Museum Harus Bikin Bangga Generasi Muda
Selanjutnya