Mengakali Ponsel yang Lemot

| dilihat 2176

AKARPADINEWS.COM | TELEPON seluler atau Ponsel sudah menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Selain sebagai alat komunikasi, Ponsel juga menjadi bagian dari gaya hidup, bahkan menjadi alat menghibur diri. Misalnya, Ponsel digunakan untuk foto selfie. Ada yang juga memanfaatkan fiturnya untuk bermain (game).

Namun, lantaran itu pula, tak sedikit Ponsel pintar bermasalah akibat kapasitas memori kepenuhan, tanpa disadari pemiliknya yang asyik memanfaatkannya. Penuhnya kapasitas memori membuat pusing si Ponsel pintar. Akibatnya, terjadi penurunan performa dan Ponsel cepat panas.

Aada beberapa hal yang harus diketahui dalam merawat kapasitas memori Ponsel. Pengguna harus sering membersihkan memori agar kerja Ponsel tidak lambat dan cepat panas. Hal yang perlu dilakukan ialah menghapus foto dan video yang sudah lama karena memakan banyak memori.

Biasanya, pengguna seringkali tidak sadar ketika mengambil foto maupun video. Mereka mencari gambar yang bagus untuk kemudian dipublikasikan ke media sosial, tanpa menghapus gambar atau video yang menurutnya tidak bagus. Ada baiknya untuk membersihkan foto-foto dan video tersebut. Jangan biarkan bersarang di memori Ponsel.

Bila dijumpai kesulitan untuk menghapus foto dan video tersebut, alihkan data foto dan video ke komputer atau sistem penyimpanan berbasis internet yang biasa disebut cloud—yang disediakan di berbagai aplikasi pintar, seperti Google Drive atau Drop Box. Dengan begitu, foto dan video yang sulit dihapus karena memiliki kenangan tidak akan hilang.

Setelah data dibersihkan, langkah selanjutnya adalah membersihkan aplikasi. Terkadang, pengguna sering mengunduh aplikasi yang sebenarnya kurang dibutuhkan. Misalnya, aplikasi games. Jika tidak digunakan, baiknya dihapus aplikasi itu. Apalagi, aplikasi yang terdapat dalam sistem operasi Android atau Macos (untuk iphone) terus mengalami pembaruan sehingga akan memakan kapasitas memori ponsel secara tak sadar.

Selanjutnya, memasang memori eksternal ke Ponsel. Cara ini merupakan cara lama, jauh sebelum membanjirnya penggunaan ponsel. Beberapa data yang memberatkan memori, dapat dialihkan ke memori eksternal. Bisa juga dengan membersihkan aplikasi streaming untuk mendengarkan lagu atau menonton video karena memakan banyak memori.

Kini, banyak sekali aplikasi di Ponsel yang memberikan layanan untuk mendengarkan musik dan menonton video secara streaming. Kadangkala, pengguna dimanjakan oleh aplikasi tersebut, tanpa sadar dampaknya akan membuat kinerja memori menjadi lemot.

Cara berikutnya adalah mengatur penerimaan data, seperti foto dan video pada aplikasi pesan dalam Ponsel. Aplikasi pesan yang ada dalam Ponsel pintar kini beragam. Mulai dari Blackberry Messenger (BBM) hingga Whats app yang memiliki fitur untuk mengirimkan data melebihi fitur Multi Media Messange (MMS).

Aplikasi tersebut juga memiliki pesan grup yang kadang digunakan seseorang untuk menjalin komunikasi bersama beberapa orang sekaligus. Dalam sebuah grup, ada kalanya seseorang mengirimkan gambar, foto, ataupun video. Bila tidak diatur penerimaan data tersebut, maka akan memakan memori secara tak sadar.

Pada aplikasi pesan tersebut terdapat sistem pengaturan yang mengatur penerimaan gambar sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin memori Ponsel tidak cepat habis, maka perlu diatur penerimaan data dalam aplikasi pesan tersebut. Pengguna gadget memang sepatutnya merawat gadgetnya jika tak ingin gadgetnya berumur pendek.

Muhammad Khairil 

Editor : M. Yamin Panca Setia
 
Seni & Hiburan
03 Des 23, 14:05 WIB | Dilihat : 432
Kolaborasi Pelukis Difabel dengan Mastro Lukis
29 Sep 23, 21:56 WIB | Dilihat : 1503
Iis Dahlia
09 Jun 23, 09:01 WIB | Dilihat : 1322
Karena Lawak Chia Sekejap, Goyang Hubungan Kejiranan
Selanjutnya
Lingkungan
03 Mar 24, 09:47 WIB | Dilihat : 168
Ketika Monyet Turun ke Kota
22 Jan 24, 08:18 WIB | Dilihat : 340
Urgensi Etika Lingkungan
18 Jan 24, 10:25 WIB | Dilihat : 365
Penyakit Walanda dan Kutukan Sumber Daya
06 Jan 24, 09:58 WIB | Dilihat : 335
Pagi Lara di Haurpugur
Selanjutnya