Tokoh Komik

Nightrunner, Batman Muslim dari Perancis

| dilihat 2776
 
AKARPADINEWS.Com - Di Indonesia tak banyak yang tahu bahwa di dalam cerita Batman versi komik terdapat seorang tokoh yang beragama Islam. Tokoh itu bernama Bilal Asselah atau dikenal sebagai Nightrunner. Tokoh ini diciptakan oleh penulis David Hine dan artist (sebutan untuk penggambar cerita komik) Agustin Padilla. 
 
Nightrunner muncul pertama kali pada tahun 2010. Munculnya, Nightrunner mendapat beragam respon. Respon penolakan pun tak sedikit, salah satu pengkritik tajam ialah seorang blogger bernama Warner Todd Huston. Ia menilai, pemilihan atas seorang imigran di Perancis sebagai representasi Batman di Perancis adalah kesalahan. Akan tetapi, tujuan dibuatnya Bilal menjadi representasi Batman dari Perancis sebenarnya untuk mengurangi efek Islamphobia pada anak-anak Eropa dan Amerika.
 
Bilal dalam dunia komik Batman diceritakan sebagai keturunan Aljazair-Perancis. Ia dibesarkan oleh ibunya dan tinggal di Paris, Perancis. Bilal memiliki sahabat bernama Aarif- sesama muslim di Paris. Keduanya aktif sebagai aktifis Islam-Perancis.
 
Suatu hari, sahabatnya Aarif terbunuh oleh polisi Paris karena aksinya membakar kantor polisi. Mendengar kematian sahabatnya tersebut membuat Bilal memutuskan untuk menjadi pembela kaumnya di Paris. Dengan bermodal keahlian parkour (olahraga lari bebas ekstrim), Bilal beraksi malam hari dengan menggunakan topeng dan menggunakan alias Nightrunner.
 
Sebagai Nightrunner, Bilal membela warga muslim Perancis yang menjadi korban tindak kejahatan di malam hari. Saat nama Nightrunner semakin terkenal seantero Paris, Bruce Wayne—sosok di balik jubah Batman—memutuskan untuk menemui Nightrunner di Paris, Perancis.
 
Ketika bertemu, antara Batman dengan Nightrunner terjadi pertarungan. Setelah berhasil mengalahkan Nightrunner, Batman menjelaskan bahwa kedatangannya ke Paris ialah untuk meminta Bilal—sebagai Nightrunner—menjadi representasi Batman di Perancis. Untuk iu, Batman bersedia menjadi mentor untuk Nightrunner dan menyuplai perlengkapan untuknya. Sejak pertemuan dengan Batman, Nightrunner menjadi represenasi Batman di Perancis.
 
Nightrunner sejak tahun 2010 telah muncul pada komik Batman yang berjudul "Batman Incorporate." Dalam seri tersebut, Nightrunner telah muncul dalam 18 jilid. Tokoh Nightrunner menarik perhatian penulis Kyle Higgins dan artist Trevor McCarthy untuk membuat proyek komik yang mengisahkan tokoh Nightrunner sendiri.
 
Nightrunner merupakan salah satu dari beberapa tokoh muslim yang dimiliki oleh DC Comic. Selain itu, dalam dunia DC Comic terdapat sekumpulan superhero muslim yang disebut dengan The 99. Perkembangan tokoh-tokoh muslim di dalam dunia komik semakin menarik ditunggu. Muhammad Khairil.
 
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Energi & Tambang
Sainstek
01 Nov 23, 11:46 WIB | Dilihat : 953
Pemanfaatan Teknologi Blockchain
30 Jun 23, 09:40 WIB | Dilihat : 1176
Menyemai Cerdas Digital di Tengah Tsunami Informasi
17 Apr 23, 18:24 WIB | Dilihat : 1442
Tokyo Tantang Beijing sebagai Pusat Data Asia
12 Jan 23, 10:02 WIB | Dilihat : 1588
Komet Baru Muncul Pertama Kali 12 Januari 2023
Selanjutnya