Aman, Nyaman dan Irit dengan Volvo S60 - 2014

| dilihat 4160

Delanova

AKARPADINEWS.COM | Pada masanya, Volvo menjadi mobil bergengsi yang diidamkan di Indonesia. Paling tidak sejak dekade 80-an, ketika Kabinet Pembangunan pimpinan Presiden Soeharto, menjadikannya sebagai modil dinas bagi para menterinya. Di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mobil dinas para menteri beralih ke Toyota Camry.

Dalam suatu kunjungan ke Stockholm, pada jamuan makan di kantor Perdana Menteri Swedia, Eva Corp, Head of Communication kantor Perdana Menteri bercerita tentang Volvo sebagai kendaraan andal. Dia menyebut Volvo S60 sebagai salah satu sedan yang berjaya di pasar internasional.

Volvo S60 adalah sedan premium menengah yang memang patut diandalkan. Left Lane, media yang khas menyoroti dunia otomotif, menyebutnya sebagai kendaraan yang menampilkan kemewahan dengan performa baik. Produk ini bersaing dengan kendaraan produk Jepang dan Jerman di kelas atas.

Kendati demikian, USA Today menilai, Volvo s60 terbilang sedan cantik dengan styling yang bagus, seperti interiornya. Mesinnya pun kuat. Tapi dibandingkan dengan Lexus IS Volvo S60 kurang lengkap fiturnya. Di mata pakar otomotif Kelly Blue, Volvo S60 terbilang tampan. Sejumlah perbaikan dari seri sebelumnya di bagian depan, membuatnya terlihat lebih baik dari sebelumnya.

Interior S60 dipujikan oleh Kelley, yang dianggap paling akomodatif di jenis sedan sekelasnya. Performanya boleh dipujikan. Engine mobil ini juga stabil, sehingga punya daya responsif dan dapat dikendalikan secara fungsional sesuai keperluan berkendara. Reputasi Volvo yang populer itu, terjaga di produk ini. Apalagi, S60 dilengkapi dengan fitur keselamatan dan perlindungan penumpang yang baik.

Bagi pakar otomotif Edmunds, di kelas sedan sport, seri ini berkompetisi tajam dengan BMW Seri 3 atau Cadillac ATS. “Volvo S60 cocok untuk pengendara yang memerlukan keamanan dan kenyaman sekaligus,” tulisnya. Bandingan Volvo S60, berada di atas Acura TL, Audi A4 dan Mercedes-Benz C -Class.

Volvo S60 keluaran 2014 tercatat dalam peringkat 10 dari 22 pilihan mobil menengah. Dari hasil test drive, standar keamanan dan kenyamanannya boleh diandalkan.

Dengan pilihan mesin yang kuat dan interior yang stylish, Volvo S60 merupakan alternatif menarik dibanding sedan sport populer Jerman dan Jepang.  Volvo S60 hadir dengan mesin lima silinder turbocharged yang memberikan banyak tenaga. Dilengkapi dengan transmisi otomatis enam-kecepatan standar, transmisi dengan gigi lebih itu, akan meningkatkan kecepatan S60, dan irit bahan bakar.

Engine Performance Acceleration dasar Volvo S60 – 2014 diperkirakan 21/30 mpg untuk jalan raya kota. Estimasi tersebut baik untuk mobil menengah kelas atas, dibanding rivalnya seperti Audi A4 yang memang menggunakan lebih sedikit bahan bakar.

Jika ingin lebih mantap, S60 model T6 dan T6 R-Desain dengan turbocharged enam silinder, lebih menawarkan kemampuan engine, meskipun tidak setajam sedan sport BMW 3-Series. Yang pasti, S60 memiliki sangat nyaman dikendarai dengan kemudi responsif.

Mobil ini enak dikendarai. Interiornya keren, dengan bahan-bahan berkualitas tinggi. Kursi depan nyaman, dibanding kursi belakang yang relatif lebih sempit. Sayang, sistem infotainment S60 tidak semudah sistem yang ditemukan di pesaingnya, walaupun mobil ini dilengkapi alat pengukur yang jelas dan kontrol iklim yang user-friendly.

Fitur-fitur standar cukup lengkap, termasuk kursi kain, kontrol iklim otomatis dual-zone, Bluetooth dan sistem infotainment Sensus Volvo. Tersedia juga kursi kulit, moonroof, navigasi dan 12-speaker surround-sound audio system Audyssey.

Sejumlah alat bantu pengemudi dan sistem keamanan juga tersedia, termasuk kontrol adaptif cruise, kamera cadangan yang menghadap ke depan, dan menampilkan pandangan 180 derajat. Sensor parkir depan dan belakang,  tersedia sebagai peringatan untuk menghindari tabrakan depan, senggolan dengan pejalan kaki dan pengendara sepeda. Ada juga signal wilayah blind dan blank spot. | 

Editor : Web Administrator | Sumber : USA Today, Kelley, Edmunds
 
Polhukam
05 Mar 24, 04:23 WIB | Dilihat : 246
Tak Perlu Risau dengan Penggunaan Hak Angket DPR
05 Mar 24, 08:18 WIB | Dilihat : 425
Anak Anak Abah Menghalau AI Generatif
22 Feb 24, 11:50 WIB | Dilihat : 318
Jalan Terjal Perubahan
18 Feb 24, 05:52 WIB | Dilihat : 274
Melayari Dinamika Kebangsaan dan Demokrasi
Selanjutnya
Energi & Tambang