Sporty, Elegant, Versatile

California T Produk Brillian Ferrari

| dilihat 1901

Bang Sem

INOVASI tanpa henti menjadi yang terunggul di dunia. Itulah Ferrari. Spirit ini berkembang begitu rupa dan menjadi memetika (virus berfikir positif) yang dikembangkan CEO Ferrari, Luca Cordero di Montezemolo, ungkap Matteo Torre sambil melangkah menuju ruang tailor made untuk interior super car Ferrari paling diandalkan, The California T yang diluncurkan 2014 dengan tagline: sporty, elegant, versatile.

Ferrari California T mengekspresikan keanggunan yang prima, sporty, dan serbafungsi. Yang membedakannya dengan setiap model California sejak dekade 1950-an adalah fleksibelitas dan eksklusivitasnya. Bagi Ferrari, inilah mobil yang penuh dengan inovasi untuk memenuhi harapan klien cerdas. Tak hanya untuk berkendara dengan aman dan nyaman. Tapi juga berkendara dengan enjoy.

Ferrari menciptakan produknya yang satu ini memang untuk memenuhi ekspektasi pengguna mobil super dengan prioritas kehidupan yang enjoy, memenuhi harapan grand tourer dengan segela kemewahan yang menjadi impiannya. Tak kurang dari Luca sendiri yang menyebutnya sebagai produk brillian dari pabrik berlambang kuda jingkrak itu.

“Pengendara dapat menikmati kemewahan dan enjoy tanpa harus kehilangan rasa aman dan nyaman,” tukas Torre, manajer komunikasi Ferrari. Bangga dia mengatakan, The California T merupakan ekspresi brillian DNA (deoxyribonucleic acid) FERRARI. Selama ini DNA menjadi identitas gen manusia yang terdapat di dalam sel manusia.

Dengan hard top yang dapat ditarik dengan dua konfigurasi yang menjadikannya sebagai fitur mobil super yang khas serba fungsi. Seperti semua produk Ferrari, California T menawarkan solusi teknologi canggih. Iinilah yang membuatnya benar-benar unik. Terutama mesin V8 turbocharged baru. Teknologi Turbo memiliki tempat terhormat dalam tradisi teknik Prancing Horse, berkat model ikonik seperti GTO 1984 dan F40 dari 1987. Bahkan, salah satu fiturnya, single seater khas Ferrari, standar keamanannya setara dengan sigle seat F1.

Para insinyur di pabrik Maranello, melalui The California T, telah berhasil merancang unit mesin dengan daya yang luar biasa: menggabungkan seluruh kualitas mesin klasik Ferrari. Responsif dengan kinerja mantap, disertai akselerasi luar biasa pada semua kecepatan yang dikehendaki pengendara.

Manfaat yang diperoleh dari mobil super ini adalah teknologi turbo yang mengurangi secara drastis emisi dan konsumsi bahan bakar. Output spesifik tenaga yang tinggi dan kompak. Ini bagian dari manifestasi komitmen Ferrari terhadap lingkungan. Mobil super ini juga dilengkapi dengan soundtrack menggembirakan. Sebuah prestasi yang benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya yang menetapkan patokan baru untuk industri.

Desain eksterior mobil super ini, mempertahankan ciri klasik Ferrari secara proporsional : terinspirasi bentuk sayap yang terinspirasi. 250 Testa Rossa styling ponton-fender yang terkenal membentuk eksterior mobil ini, dengan garis sayap depan. Kekompakan eksterior didesain para insinyur di Maranello dengan mempertimbangkan kekompakan peregangan dengan menghitung sleekness aerodinamis pada gerakan ke sisi.

Sebuah grille memberi aura otoritas atas mobil ini, dan sporty. Selain itu, kap ramping menekan otot sayap di kedua sisi yang menggabungkan lampu depan dan dua karakter ventilasi yang untuk membuang udara panas dari mesin. Elemen styling horisontal baru di belakang, mengasah aerodinamis secara intensif yang akan menimbulkan diffuser tiga tralis.

***

BAGAIMANA dengan mesin? Untuk produk andalannya ini, Ferrari menciptakan mesin dengan desain yang sepenuhnya baru dan pertama kali di dunia. Teknologi yang dipergunakan engine yang mampu merespon perintah dari kinerja blistering, dengan torsi yang mengesankan. Inilah bagian dari tekologi turbo yang akan membuat penggunaan bahan bakar lebih efisien.

Mesin 3855 V8 menghasilkan dorongan 560 CV (145 CV / l, angka terbaik dalam kategorinya) dan torsi maksimum 755 Nm di gigi ke-7. Meskipun memberikan tambahan 70 CV dan torsi 49% lebih besar, konsumsi bahan bakar mobil ini menurun 15%. Kesemua itu meningkatkan 20 persen rentang kendali daya.

Para insinyur di Maranello memotong keseluruhan massa dan insersia dengan menggunakan Turbo lag. Hal itu dilakukan dengan melakukan inovasi atas mesin yang digunakan mobil balap F1, dengan menurunkan crankshaft dan turbin twin-scroll. Dengan begitu, kurva torsi meningkat terus-menerus di seluruh rentang putaran, berkat perangkat lunak Variable Boost Management (VBM) yang menyesuaikan transfer torsi yang sesuai dengan gigi yang digunakan.

Akan halnya atap penutup, menggunakan teknologi informasi yang mampu menggerakkan perubahan canggih dari coupe menjadi chic, dengan model spider yang menggoda berbentuk retractable hard top (RHT).

Atap terbuat dari panel aluminium berkualitas prima, dengan coran struktur yang kokoh menahan beban. Aluminium juga dipergunakan untuk tulang-tulang RHT. Kedua penutup dan atapnya bergerak secara bersamaan saat membuka (atau menutup). Desain RHT mempertimbangkan siklus peralihan performa California T dalam waktu yang sangat singkat, hanya beberapa detik.

Kemasan atai dioptimalisasi kemasan atap dengan pola tumpang tindih sisi cekungnya.  Hal ini akan membuat bagasi California T tetap sangat longgar, bahkan ketika bagian atas turun, dengan tetap menjamin ruang yang cukup pula di kabin.

Dari aspek arkitek dan rancang bangunnya, California T disiapkan sebagai mobil super kompak yang andal. Rancangan arsitektural transaxle mobil super ini, memprioritaskan flesibelitas dalam mendistribusikan berat secara sempurna, sesuai trandisi Ferrari. 47 persen bias ke depan dan 53 persen ke belakang. Apalagi, untuk mobil ini, posisi mesin di chassis, terletak lebih rendah (40 mm lebih rendah dari California sebelumnya). Posisi mesin seperti itu meningkatkan pusat gravitasi mobil.

Kedua chassis dan bodyshell seluruhnya terbuat dari aluminium. Ini merupakan solusi ringan mengatasi kekakuan torsi yang tinggi, sekaligus merupakan faktor sangat penting untuk mobil drop-top, membuat kinerja dan keamanan secara lebih baik.

The California T menggunggulkan dinamika mobil sport sejati, berkat penurunan aktivitas roda dan meningkatkan respon kemudi. Dengan demikian, memberi ruang bagi pengendara dengan set up mekanik dan ruang kemudi baru. Pengemudi dilengkapi dengan peredam Magnaride generasi terbaru (sekarang,50 persen lebih cepat), dikombinasikan dengan accelerometers yang nyaman untuk gerak tubuh, termasuk mengurangi roll dan pitch untuk kendali lebih tepat dan tetap nyaman dalam kecepatan tinggi.  

Sistem elektronik mobil juga merupakan evolusi terbaru dari suspensi magnetorheological F1-Trac, SCM3 dan ESP 8,0 Premium terintegrasi, dengan sistem pengereman CCM3 untuk mengelola kinerja ABS tinggi. Dan pengemudi disiapkan beragam fitur yang memungkinkannya berkendara secara aman, nyaman, dan bergengsi.. |

Pernah diterbitkan Majalah GADING SERPONG VOICE terbitan Paramount + Akarpadi 

Editor : Web Administrator | Sumber : foto-foto Ferrari
 
Budaya
12 Jan 22, 08:56 WIB | Dilihat : 115
Cermin Adab di Jalan Tol
11 Jan 22, 09:20 WIB | Dilihat : 157
Pesona Masjid Rao Rao di Sungai Tarab Bungo Satangkai
17 Des 21, 07:31 WIB | Dilihat : 239
Membaca Zaman Edan dengan Isyarat Pantun Bogor
07 Okt 21, 09:26 WIB | Dilihat : 438
Cindai Kebangsaan yang Koyak dan Lusuh
Selanjutnya
Ekonomi & Bisnis
31 Agt 21, 19:09 WIB | Dilihat : 442
Pandemi dan Pemulihan Ekonomi Lokal
14 Mar 21, 23:46 WIB | Dilihat : 509
Sindroma Ambivalensia
16 Des 20, 07:56 WIB | Dilihat : 676
Peta Bank Syariah di Indonesia Berubah
Selanjutnya