Kroasia Luncurkan Mobil Listrik Tercepat

| dilihat 2234

AKARPADINEWS.COM | Amerika Serikat (AS) memang dikenal sebagai salah satu negara yang serius dalam menggarap industri mobil listrik. Berbagai tipe sudah diciptakan negara Paman Sam itu untuk menunjukkan kesiapannya menyambut era mobil listrik. Tetapi, AS harus mengakui kehebatan Kroasia yang mampu menciptakan mobil listrik tercepat di dunia.

Ialah Rimac Automobili, perusahaan asal Kroasia, yang mampu menelurkan mobil listrik tercepat. Untuk mobil tercepatnya, Rimac belum menemukan nama pastinya. Tetapi, mobil listrik tercepat itu mereka sebut dengan nama Concept_One.

Mobil listrik berjenis super car ini memiliki kemampuan akselerasi tinggi. Concept_One hanya membutuhkan waktu 2,8 detik untuk mencapai kecepatan 100 kilometer per jam dari titik nolnya. Dengan kemampuan itu, mobil listrik ini dapat dipacu dengan kecepatan maksimum hingga 354 kilometer perjam.

Kemampuan itu berasal dari dua mesin elektrik bertenaga 1.088 tenaga kuda yang menggerakkan sepasang roda depan dan sepasang roda belakang. Mesin yang diberi nama Rimac All Wheel Torque Vectoring System (R-AWTV) itu juga mampu bergerak secara terpisah.

Masing-masing mesin memiliki fungsi gearbox dengan kemampuan kecepatan terpisah, namun bergerak dalam satu kesatuan. Dengan begitu, mobil ini mampu bermanuver dalam kecepatan tinggi secara stabil karena mampu bereaksi secara responsif dengan kehendak pengemudi.

Dengan tenaga besar dan kecepatan tinggi itu, mobil Concept_One dapat dikatakan jauh lebih cepat dari mobil listrik komersil yang sudah mengaspal, seperti Tesla buatan AS. Tak hanya mampu memberikan tenaga dan kecepatan, R-AWTV juga mampu merespon pemberhentian dengan responsif.

Hal itu karena, mesin tersebut memiliki teknologi pengereman sistem hidrolik responsif dengan memanfaatkan potensi pergerakan roda yang dapat bergerak masing-masing. Dengan demikian, mesin bermassa 1950 kilogram tersebut dapat menyesuaikan gravitasinya sehingga memiliki daya cengkram terhadap jalan lebih kencang dan meminimalisir terlepasnya mobil saat kecepatan tinggi.

Untuk menjaga performa mesin agar bertahan lama dalam kecepatan tinggi, R-AWTV memiliki sistem pendinginan dengan mengaplikasikan oli pendingin. Dengan begitu, Concept_One dapat melaju kencang tanpa harus khawatir mesin kepanasan.

Dengan tenaga dan kecepatan seperti itu, mesin mobil listrik ini haruslah disokong oleh sistem baterai listrik yang mumpuni. Untuk itu, Rimac membekali Concept_One dengan baterai Active Battery Management System (A-BMS). Baterai berkapasitas 82 kWh tersebut memiliki kemampuan mengoptimalkan daya listrik menjadi daya dorong dengan kecepatan tinggi.

Hal itu disebabkan, baterai ini mampu memonitori dan menyeimbangkan daya listrik, baik dalam mendistribusikan maupun menerima listrik, pada tiap selnya sehingga dapat terakomodir sesuai dengan kemutuhan kecepatan berkendara. Selain itu, A-BMS memiliki sistem manajemen thermal terbaru yang memberikan kemampuan untuk menjaga kondisi baterai dalam waktu yang lama.

Mesin dan baterai pada Rimac Consept_One memang memberikan kekuatan dan kecepatan tinggi pada mobil. Potensi itu disempurnakan lagi pada desain body mobil yang menunjang aerodinamik.

Dengan body berdesain perpaduan sedan dan mobil balap, Concept_One mampu menyalurkan arus angin sehingga memberikan daya tekan ke bawah secara maksimal dan berimbang. Hasilnya, mobil dapat dipacu melewati batas potensi kecepatannya dan menjadikannya tidak goyah diterpa angin.

Selain memiliki fungsi menunjang kecepatan, desain body memberikan karakter tersendiri sehingga mobil tidak terlihat sebagai mobil listrik biasa, melainkan super car bergaya elegan. Material body-nya pun terbuat dari bahan karbon yang dibuat dengan teknologi terbaru sehingga body menjadi ringan, namun kokoh.

Secara keseluruhan, desain body mobil dibuat untuk menonjolkan karakter kokoh nan ringan, sesuai dengan kapasitas mobil yang mampu melaju hingga kecepatan dan kestabilan tinggi.

Desain elegan pun diterapkan pada interior mobil, yang sebagian besar dibungkus dengan kulit, ditambah dengan tampilan futuristik pada beberapa bagian interior. Dengan begitu, kesan canggih mobil ini sudah terasa hanya dengan melihat desain interior mobil.

Mobil ini dilengkapi pula dengan berbagai teknologi penunjang, seperti GPS, aplikasi hiburan, dan pengatur gerak sistem R-AWTV. Dengan desain elegan nan futuristik tersebut, Rimac mencoba menyandingkan mobil ciptaannya agar sejajar dengan super car kenamaan, seperti Ferrari, Lamborghini, ataupun Porche.

Kehadiran Rimac di kancah mobil listrik menjadi sebuah pembuktian jika mobil listrik dapat pula memiliki kemampuan sama dengan super car berbahan bakar bensin. Selain itu, kelahiran Concept_One menjadi ajang unjuk gigi Kroasia sebagai negara yang serius menyambut era mobil listrik futuristik sebagai salah satu solusi kendaraan green cars.

Sayangnya, Rimac belum cukup berani memproduksi secara massal mobil ciptaannya ini. Karena, pabrikan itu hanya memproduksi mobil Concept_One sebanyak delapan buah. Mungkin saja, hal itu karena berbagai sumber daya untuk menciptakan mobil ini masih sangat mahal. Belum lagi, infrastruktur stasiun pengisi daya listrik belum begitu banyak di dataran Eropa, paling banyak terdapat di AS dan Jepang.

Meski demikian, Rimac Concept_One, bila digarap lebih lanjut, akan menjadi salah satu kompetitor baru industri otomotif bagi beberapa pabrikan kawakan dunia. Karena itu, Rimac Concept_One tidak dapat diremehkan begitu saja, terutama oleh Tesla, yang merupakan salah satu pioner perkembangan industri mobil listrik.

Muhammad Khairil

Editor : M. Yamin Panca Setia | Sumber : Rimac Automobili/Mashable
 
Seni & Hiburan
31 Jul 21, 04:03 WIB | Dilihat : 182
Mata Maut
03 Mar 21, 06:38 WIB | Dilihat : 422
Industri Game Naik Saat Pandemi
Selanjutnya
Sainstek
27 Okt 21, 17:41 WIB | Dilihat : 301
Waspadai Kabar Palsu Artis Meninggal di Media Sosial
20 Nov 19, 13:05 WIB | Dilihat : 1975
Rumah Ilmuwan Bukan di Menara Gading
Selanjutnya