MPV Premium Andalan VW

| dilihat 2425

AKARPADINEWS.COM | AJANG GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, tak hanya disesaki oleh beragam mobil berteknologi tinggi. Namun juga beragam varian mobil bertipe MPV.

Salah satu pabrikan yang percaya diri dengan mobil MPV-nya ialah Volkswagen (VW). Pabrikan asal Jerman itu menghadirkan mobil MPV andalannya yang dikenal dengan nama Caravelle untuk menarik minat pecinta otomotif Indonesia.

Caravelle bukan mobil yang benar-benar baru dari VW. Sebab, mobil ini merupakan evolusi dari mobil VW T1 yang di Indonesia dikenal dengan nama VW Combi. Tahun ini, VW mengeluarkan generasi terbaru dengan nama Caravelle T6.

Pada Caravelle T6, VW telah meningkatkan kualitas mobil ini agar dapat menjadi MPV elit dan dapat menebas pesaing lainnya. Dari tampilan luarnya, mobil ini masih mempertahankan garis-garis desain dari generasi sebelumnya, yakni Caravelle T5. Perubahannya secara fisik tidak terlalu mencolok.

Hal lain yang dipertahankan ialah keluasan kabin di dalam mobil. Sama seperti pendahulunya, Caravelle T6 memiliki ruang kabin yang cukup luas. Sehingga, mobil ini dapat mengangkut tujuh orang dengan sangat nyaman.

Keluasan kabin itu sangat cocok bagi perjalanan dengan keluarga, terutama bila di dalam keluarga terdapat anak kecil. Karena, ruang yang luas itu memudahkan anak-anak untuk bergerak di dalam mobil dan tidak akan merasa bosan sepanjang perjalanan. Ditambah pula dengan kemampuan kursi baris kedua yang mampu diputar menghadap ke belakang. Dengan begitu, ruang belakang bisa jauh lebih lega.

Untuk mesin, Caravelle T6 memiliki mesin dengan kapasitas 2000 cc dengan sokongan turbocharger. Mesin itu membuat Caravelle T6 memiliki tenaga puncak sebesar 204 tenaga kuda. Selain itu, dengan tujuh percepatannya, mesin tersebut memiliki kemampuan torsi mencapai 350 Nm pada 1500 rpm. Kemampuan mesinnya itu menjadikan Caravelle T6 bukan sekedar MPV biasa, melainkan MPV Premium.

Kualitas mesin pun ditunjang dengan beragam fitur mode pengendaraannya, yakni Normal, Sporty, dan Comfortable. Ketiga mode berkendara itu tentunya akan menghadirkan pengalaman baru bagi pengendaranya. Apalagi, untuk mengaktifkan ketiga mode itu cukup dengan menekan tombol yang terdapat pada dashboard mobil.

Fitur lainnya ialah fitur keselamatan yang maksimal. Pada mobil Caravelle T6, terpasang beberapa fitur keselamatan. Pertama Driver Alert System (DAS). Fitur ini memungkinkan kendaraan merespon keadaan pengendara. Ketika pengendara mengantuk atau dalam kondisi tidak fit untuk mengendarai mobil, sistem keamanan akan menyala dan menyarankan pengendara untuk menepi. Bila tidak diindahkan oleh pengendara, maka mobil akan menyalakan alarm suara hingga lampu di panel instrument.  Fitur itu sangat berguna untuk mengurangi kecelakaan kendaraan.

Kedua, Electronic Stability Programme (ESP). Dengan fitur itu, Caravelle T6 memiliki kemampuan menstabilkan kendaraan bila terjadi slip atau ketidakstabilan ketika berjalan.

Melalui fitur ini, mobil bisa merekam jejak-jejak kesalahan berkendara di masa lalu yang berakibat ketidakstabilan kendaraan. Data rekaman itu akan diaplikasikan oleh mobil ketika terjadi kemungkinan ketidakstabilan terjadi kembali.

Dengan begitu, mobil akan otomatis mengatur suspensi dan tingkat kestabilan kendaraan agar tidak terjadi ketidakstabilan yang sama. Fitur itu berkesinambungan dengan fitur Adjustable Suspension yang dapat membuat suspensi mobil lebih fleksibel dan responsif. Dengan begitu, mobil ini dapat mengatur kebutuhan suspensinya saat menghadapi kondisi apapun.

Selain dua fitur keselamatan itu, Caravelle T6 dilengkapi dengan fitur lainnya seperti Anti-lock Braking System (ABS), Traction Control, dan Electronic Differential Lock. Beragam fitur keamanan itu tentunya untuk kenyamanan dan keselamatan pengendara mobil Caravelle T6.

Fitur-fitur itu terdapat pada dua jenis Caravelle T6 yang meluncur di tanah air, yakni jenis Short Wheel Base (SWB) dan Long Wheel Base (LWB). Perbedaan keduanya tidak terlalu mencolok, hanya pada tingginya kendaraan dan harganya saja.

Untuk tipe SWB, PT Garuda Mataram Motor (GMM), pemegang hak penjualan merek VW di Indonesia, membanderolnya dengan harga Rp1,65 miliar. Sedangkan, untuk tipe LWB dibanderol dengan harga Rp1,75 miliar.

Pada peluncurannya di GIIAS ke-24, VW memberikan satu varian Caravelle T6 White & Red Limited Edition. Varian mobil itu dijual terbatas bergantung jenjang waktu tertentu. Bagi Dengan berbagai fiturnya, Caravelle T6 layak disebut mobil MPV unggulan di kelasnya.

Muhammad Khairil

Editor : M. Yamin Panca Setia
 
Lingkungan
27 Sep 21, 12:15 WIB | Dilihat : 347
Selamatkan Kebun Raya Bogor
10 Sep 21, 14:55 WIB | Dilihat : 194
Ida Mengamuk Sejumlah Kota Amerika Serikat Berantakan
01 Agt 21, 09:31 WIB | Dilihat : 188
Membaca Sinyal Presiden Joe Biden tentang Jakarta
Selanjutnya
Ekonomi & Bisnis
31 Agt 21, 19:09 WIB | Dilihat : 382
Pandemi dan Pemulihan Ekonomi Lokal
14 Mar 21, 23:46 WIB | Dilihat : 448
Sindroma Ambivalensia
16 Des 20, 07:56 WIB | Dilihat : 618
Peta Bank Syariah di Indonesia Berubah
Selanjutnya